Rabu, 19 Agustus 2009

Sebagian besar penduduk Indonesia, bahkan dunia, hampir dapat di pastikan mengenal pisang (banana).Berdasarkan penelusuran literatur, pisang sudah di kenal dan dikonsumsi sejak dahulu.Pada zaman kaisar Romawi, Octavius Agustus, berkuasa, seorang dokter bernama Antonius Musa berjasa menganjurkan makan pisang untuk kesehatan kaisar, untuk mengenal jasa dokter Musa, maka nama latin pisang di tetapkan Musa Paradisiaca.

Inventarisi plasma nutfah pisang di Indonesia dimulai pada abad XVIII. Pengembangan budidaya pisang pada mulanya terpusat di daerah Banyuwangi, Palembang, dan beberapa wilayah di Jawa barat. Dewasa ini, pisang sudah ditanam di seluruh wilayah nusantara. Hampir semua bagian tanaman pisang memiliki nilai guna dalam kehidupan sehari-hari. Bagian utama dari tanaman pisang yang memiliki nilai sangat tinggi adalah buah pisang. Bagian lain tanaman pisang yang bisa di manfaatkan adalah bonggol (Corm) yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan makanan sampai pembuatan sabun.

Bonggol pisang biasanya oleh masyarakat hanya di buang setelah mengambil buah pisang. Oleh karena itu kami mempunyai inisiatif bahwa bonggol pisang bisa di manfaatkan dan mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi salah satu bentuk pemanfaatan dari bonggol pisang adalah pembuatan Keripik dari bonggol pisang .Untuk menambah nilai ekonomi dari keripik bonggol pisang maka keripik bonggol pisang dapat di buat beraneka rasa seperti rasa coklat dan rasa keju.

Usaha pembuatan keripik bonggol pisang aneka rasa sangat menjanjikan karena di pasaran masih belum ada.Aneka penganekaragaman rasa keripik bonggol pisang bisa menambah keanekaragaman makanan khas yang bisa di produksi sesuai permintaan pasar. Keadaan ini merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi masyarakat .Hal ini karena pengolahan bonggol masih kurang di manfaatkan dan kurang produktif. Oleh karena itu dengan adanya pengolahan keripik bonggol pisang menjadikan nilai ekonomi dan sosial yang cukup tinggi terhadap bonggol pisang.

Keripik bonggol pisang aneka rasa mempuyai peluang bisnis yang cukup tinggi jika di olah dengan benar dan di pasarkan secara tepat, selain itu juga akan menjadi alternatif makanan bagi masyarakat dalam pembelian keripik bonggol pisang. Potensi pasar yang luas dan ketersediaan jumlah bahan baku yang melimpah yang ada di masyarakat akan menjadikan nilai tambah bonggol pisang. Oleh karena itu hendaknya bisa di manfaatkan oleh pengusaha kecil dan petani tanaman pisang guna menambah pendapatan.
(Sumber : http://mas-devid.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cantumkan No Hp dan Email Anda